Senin, 10 Agustus 2015

Jupiter Art Yogyakarta di Stand Pameran Kayu Langka Bertuah

Jupiter Art Yogyakarta.
Kerajinan Kayu langka bertuah.
Buka Show room di...
Piramid Square. Jl. Parangtritis km:5
Kunjungi stan kami disana.
Fast respon:
Wa/bbm/call
* 087841491999
* 082345623499
Pin BB: 5774c0fd




Tiada harta yang paling indah
Di dunia ini...
Kecuali kasih sayang
Seorang Ibu dan Istri...

@Piramid.. Jl. Parangtritis km: 5






Malam2 kedatangan tamu dari
Bapak pimpinan Dinas Antariksa Indonesia. Kalau di Amrik bapak kita ini
Sekaliber pimpinan NAZA...
@Piramid
Jl. Parangtritis km:5





Malam di stand pameran Piramid jl. Parangtritis km:5 Yogyakarta. Bersama sesepuh pakar kayu Jogja...
Makin banyak ilmu kayu bertambah saling menjaga silaturahmi dan mempererat persaudaraan.




Bersama Keluarga Bunda dan Keluarga Ambarukmo Yogyakarta...




Masih di Jupiter Art Yogyakarta. Kerajinan Kayu Langka bertuah. Di Piramid Square Jl. Parangtritis km: 5.
Bersama Mr. Ben from Usa Amerika.
Orang bulepun suka kayu langka dari Jupiter Art Yogyakarta.




Karo bapak tamsis...
Guru besar Spiritual Wijayakusuma Tamansiswa Yogyakarta. 
Masih di Kerajinan Kayu Langka Bertuah.
Jupiter Art Yogyakarta.
Di pameran stand Piramid
Jl. Parangtritis km: 5 yogyakarta.
Monggo pinarak...
Fast respon:
Whatsapp/inbox/bbm
* 087841491999
Pin: 5774c0fd




Bersama Prajurit Mataram
Kesatuan Mantri Jeron.
Masih bersama Jupiter Art Yogyakarta.
Jl. Parangtritis km: 5.
Piramid Luxor Square.
Fast respon:
Whatsapp/inbox/bbm
* 087841491999
Pin: 5774c0fd




Bersama Bos Piramid
Mr. Hans yang sudah memberikan
Ruang pameranya kepada Jupiter Art 
Tanpa pandang materi. Trima kasih bos.
Sukses slalu.





Para Sahabat dan Pelanggan Setia. Ki Jim Topo dan Pak Dokter Agga Andika.
Makasih buat suport dan atensinya. Tanpa Kalian semua apalah artinya saya.






Engkau ada dalam pandangan dan dekapanku






Fikirmu Ini Mimpi

Lonceng kematian berbunyi.
Datangnya menyesakkan dada.
Fikirmu ini mimpi.
Sedangkan kenyataan
Tak bisa kau pungkiri.
Ketika Malaikat Maut
Berhadapan Dengan Malaikat
Gibril untuk mempertahankanmu.
Aku datang...
Di tepi jalan melihat
Kemana engkau pergi.
Dan kemana lagi setelahnya.
Aku dibelakangmu mengintai.
Mempelajarimu dan siapa-siapa
orang dibelakangmu yang tak
lebih adalah sekumpulan
kecoa busuk.
Hidup dari kotoran busuk
Itulah suara busuk dari
Mulut yang busuk.
Jadi begini yang akan terjadi
Aku menghadangmu
Di sisi jalan yang sepi.
Kemudian aku lempar
Kepalamu dengan batu.
Saat kamu terjatuh.
Kubutakan kedua matamu.
Aku seret tubuhmu
Dibalik semak-semak.
Kemudian aku potong
Kedua tangan dan kakimu.
Setelah itu kutinggalkan
Dirimu dalam keadaan hidup.

Dosa Diantara Kita

Racun ini pergi bersama asap
Menyelinap di malam yang sunyi.
Susahkan tidurmu memang.
Bebankan fikirmu.
Karena engkau telah membuat
Dosa diantara kita.
Setiap detik engkau memikirkanku
Setiap waktu engkaulah kebencian.
Yang ada diotakmu hanyalah
Rasa dengki yang fana
Oleh ke egoisanmu
Yang mau menang sendiri.
Tanpa melihat apakah
Engkau sudah cukup betul...???
Untuk itu...
Ada dua jalan
Yang aku buat untukmu
supaya mati kali ini.
Engkau akan mati dengan
Badanmu yang gemuk
Atau engkau akan mati
Dengan badanmu yang kurus.

Lalu Engkaupun akan mulai diam

Beginilah caraku
Menyiksamu.
Aku akan remukan tulang kakimu
Biar engkau lumpuh
dan tidak bisa berjalan.
Disitulah langkah kakimu
Akan terhenti.
Lalu engkaupun akan
mulai diam.
Kemudian...
Akan kubutakan matamu
Biar indah dunia
dan kemegahanya
tidak bisa engkau lihat.
Setelah itu...
Kesepian dan kesendirian
akan menjadi teman abadi
Kesusahanmu.
Barulah engkau tahu.
Siapa aku...

Akan Terasa Mati

Ketika Tuhan tidak lagi bersamaku
Aku palingkan mukaku
Kepada Iblis.
Bunga setaman dan
Bunga tujuh rupa.
Kemudian kubakarkan dupa.
Inginku...
Untuk kematianmu malam ini.
Kurapal beberapa mantra.
Masih teringat jelas
Lima tahun yang lalu
Ambo dalle
Ahli nujum ilmu hitam toraja.
menghidupkan mumi
yang telah sepuluh tahun mati
tersimpan didalam rumah.
Dinyanyikanlah nyanyian jiwa
Lalu bangkitlah mayat itu.
Malam ini...
Inilah yang akan kulakukan padamu...
Bernafaslah dan ambil bagian
dari makanan dan minumanmu.
Karena Hidup...
AKAN TERASA MATI.

Disitulah Namaku Disebut

Kubuka pintu rumah
Malam ini.
Hawa dingin terasa
Kulangkahkan kakiku
Menuju teras depan.
Kutatap langit diatas sana
Bulan dan bintang
Nampak bersahabat.
Fikirku dalam lamunan.
Begitu bodohnya aku
Kalau sampai tangan ini
menumpahkan darah
untuk kematianmu.
Kuhela nafas yang panjang
Kubakar jantungku dengan api.
Tidak kataku...
Aku akan menyusun mantra-mantra
Untuk membunuhmu.
Carilah tempat berlindung.
Biar dibawah kolong langit.
Mantra-mantra ini akan
memburumu.
Seperti tikus bodoh
Aku melemparmu
Dalam mulut harimau
Yang kelaparan.
Disitulah namaku disebut
Serpihan Serbuk Jiwa
Yang mengutukku.

Dia Yang mati atau kamu yang mati

Kadang...
Ada orang pura-pura bodoh.
Datang padamu menanyakan
sesuatu perihal.
Semakin engkau merasa pintar
mengerti itu.
Engkau akan banyak
dihujani pertanyaan.
Sampai engkau mulai
bosan bercerita.
Lalu matanya mulai mencari kesalahan.
Berjalan di tikungan gelap hatimu
Jurang kemiringan kata
kemudian munculah kelemahanmu.
Disitulah dia akan menyusun
Kata-kata untuk menyanggahmu,
Mengejekmu, menghinamu dan
Menghajarmu sampai titik
Darah penghabisan.
Ada satu jalan terakhir
Untuk menghadapinya...
Kenali muka sombongnya...
Kenali sifat angkuhanya...
Kenali siapa dia jauh lebih dalam.
Setelah itu...
Ketika semuanya
belum terlambat
Bunuh dan hancurkan dia.
Carilah Ahli Nujum
Dari tanah jawa sampai tana Toraja
Untuk menyiksanya.
Biar dia yang mati.
Atau kamu yang mati.

Lepas Dari Kata-kata

Jalan yang benar ketika
Kamu bicara adalah dengan
Merasakanya...
Percuma kalau bicara saja.
Tanpa kamu bisa merasakanya.
Setelah kamu merasakanya
baru kamu ceritakan rasanya itu.
Memahami omongan itu
Cukup melihat apa yang dirasakan
Dari ceritanya itu.
Di usia muda seorang anak
Laki-laki akan begitu sangat
Panas dan temperamen
mempertahankan ego.
Ketika ego menguasai pemikiran dan emosi dalam dada akan bergejolak. Untuk mempertahankan pendapat yang mungkin diyakininya benar.
Sebagai contoh:
Bagaimana kamu bisa merasakan nikah itu enak. Sedangkan kamu belum pernah menikah dengan seseorang. Dan hidup dengan seseorang dalam satu rumah, satu kamar, satu tempat tidur...
Lalu aku akan mulai berfikir....
Jangan-jangan anak ini sudah berzinah dengan janda di lokalisasi. Lalu menceritakanya.....???
Bagi saya ceritamu begitu bodoh.
Tapi saya akan lebih memilih diam.
Karena sumber ilmu pengetahuan
Itu akan lepas dari kata-kata
Yang keluar dari mulutku.
Ketika hati bicara.
Kemudian Setan pun melihat.
Apabila dia adalah pilihan Tuhanya.
Aku akan mencobanya dengan
Satu orang perempuan yang cantik
Anggun menawan telanjang didepanya.
Sambil menyembahnya dan memanjakanya. Apabila orang pilihan itu cukup kuat. Aku akan mengirim satu perempuan lagi yang sama-sama cantik dan Ayu telanjang didepanya begitu seterusnya sampai berhasil.

Sang Pembebas

Kembali kuputar waktu
Denganmu didalam
Jantung Sang rembulan
Ketika malaikat-malaiat
Bernyanyi merdu untukmu.
Tidak ada kata selembut
Serpihan Serbuk Jiwa
Yang mampu menahan
Waktu yang kelam
Ketika sunyi telah membelenggu
Keramaian harimu.
Inilah aku...
Sang pembebas.
Di tangan kiriku ada sebuah buku
dengan nama-nama.
Di tangan kananku ada cambuk
Yang menyala-nyala.
Dengan buku dan cambuk itu
Aku mengambil bagian untuk
Pembalasan.
Mata dibalas dengan mata
Nyawa dibalas dengan nyawa.

Dirimu Layak Untuk Kehidupan

Lepas tengah malam
ketika tujuanku adalah kamu.
Hidup memberiku pemahaman.
Bagaimana aku harus bertahan
di dalam kesusahan.
Tanpa siapapun...
Beginilah hidup semestinya.
Dengan penderitaan
Engkau akan belajar bagaimana
cara menghargai seseorang.
Dengan kesedihan engkau
Akan mengerti arti kesenangan.
Janganlah manja...
Rubahlah hidupmu dan
Tunjukan engkau mampu berdiri
sendiri dengan gagah berani.
Meskipun itu pahit
Meskipun itu sakit.
Tanpa menyusahkan orang lain.
Disitulah orang akan menilai.
Dirimu layak untuk kehidupan.

Mimpi Yang Aneh

Suasana begitu gelap dan sunyi
Ketika 13 murid dikumpulkan dalam
suatu pertemuan.
Kulihat ada aku disana.
Dan 12 wajah baru yang mungkin
aku kenal.
Dengan seseorang yg duduk dimana
kami bertiga belas menghadap dia.
Siapakah orang itu...?
Dengan pakaian jubah agamis dan
Sorban sambil memejamkan mata
Sesekali mengelus-elus jenggotnya.
Pikirku ini pasti mimpi...
Dia mulai berbicara.
Alloh menciptakan Manusia, jin dan Malaikat untuk menyembahnya.
Adapun ke tiganya Alloh memberikan kelebihan untuk manusia akal untuk
menilai mana yang baik dan mana yang tidak baik. Agar manusia tidak tersesat dalam dosa.
Belum sempat selesai berbicara
Ada bunyi salam di muka pintu.
Assalamuallaikum...
Serentak kami menjawab
Wallaikumsallam...
Silahkan Masuk kata beliau...
Terdengar bunyi pintu itu dibuka...
Langsung gaduhlah suasana.
Seorang perempuan berteriak-teriak
Sambil meloncat-loncat
membanting-banting badanya
Ditembok dan dilantai rumah.
Seketika itu juga terhamburlah kami
Semua...
Tapi beliau tetap diam...
Sesekali memutar tasbihnya.
Kemudian tersungkurlah ibu dari anak perempuan itu dihadapan beliau. Sambil berkata:
Tuanta Salama tolong sembuhkan anak saya...???
Sudah 3 hari ini anak saya kerasukan
dan tidak kunjung sembuh.
Sudah 3 dukun kami datangi keadaanya makin parah saja.
Alangkah terkejutnya aku ketika
nama Tuanta Salama disebut.
Bukankah itu Syech Yusuf nama
Lain dari Tuanta Salama...???
Kemudian dipanggilah salah satu muridnya diantara kami.
Daeng Naba tolong kamu obati
perempuan itu.
Iya Syech...
Daeng Nabapun langsung bergegas mengobatinya...
Depeganglah tangan kiri dari perempuan itu lalu di tekan dengan keras ujung jari-jari perempuan itu.
Seketika itu juga makin gaduh dan makin keras... Nyaring terdengar teriakanya.
Sambil berteriak perempuan bicara
Apa yang kamu lakukan sama saya.
Daeng naba menjawab pergi kau
Jangan masuki perempuan ini. Bukan disini te
mpatmu.
Makin keraslah meronta sambil dia bantingkan badanya menumbuk lantai. Astagfirulloh Aladzim kataku dalam hati.
Kemudian daeng naba lari kebawah kaki perempuan itu sementara
5 murid yg lain mulai memegangi kedua tangan, kaki sampai kepala.
Pemandangan yang sangat miris.
Jari-jari kaki perempuan itupun masih ditekan-tekan dengan keras.
Makin tambah menggila suasana pada saat itu...
Kemudian Syech Yusuf mulai memandangku sambil tersenyum.
Dimas ambil 3 buah dupa lalu bakarkan untukku. Terkejutnya aku ketika beliau mengetahui namaku.
Tanpa pikir panjang lalu kubakarkan dupa kemudian kuberikan kepada beliau...
Daeng Naba sudah cukup...
Bawa kemari perempuan itu.
Kata Syech Yusuf Tuanta Salama.
Kemudian dibawanyalah perempuan itu dihadapan beliau sambil dipegang kedua tanganya.
Lepaskan pegangan tanganya...
Kata beliau kepada muridnya.
Setelah dilepas
Di arahkanlah dupa itu dihadapan perempuan itu berjarak 1 meter darinya. Kemudian ditiuplah asap dari dupa itu mengenai wajahnya.
Kemudian perempuan itupun langsung jatuh pingsan...
Dan seketika itu juga sembuh..
Alangkah senangnya hati ibu yang anaknya 3 hari sudah kerasukan itu.
Setelah kejadian itu pulanglah mereka dengan ke 13 murid yang masih tinggal termasuk saya.
Dipanggilah Daeng Naba...
Daeng Naba kemarilah...
Pelan dan lirih.
Daeng Nabapun duduk bersila dihadapan belia.
Biar kutembak kepalamu saat ini juga disini... Engaku tidak akan mati daeng Naba. Biar pisau sekalipun...
Ambilkan pisau.. Perintah beliau dengan suara lirih kepadaku.
Bergegas kuambilkan pisau lalu kuberikan padanya. Kemudian dihunuskanlah pisau itu keperutnya. Subhanalloh dalam hati.
Pisau itu bengkok tapi perutnya tdak mengeluarkan darah.
Lihat saya ketika pisau ini aku iriskan ke pergelangan tanganku pasti berdarah. Karena denga darah ini aku langsung terhubung dengan penciptaku. Tapi lihat dirimu. Dengan kebencian mengusir jin jahat dalam tubuh manusia.
Jin adalah ciptaan Alloh bukan begitu cranya memperlakukan mereka.
Kelak mereka akan menuntut balas di akhirat nanti.

Langit Jogja Menghitam

LANGIT JOGJA MENGHITAM.
Ketika Sabda Raja ditolak oleh Pejuang Khalifatullah apa yang akan terjadi...???
Saat seorang raja sudah bersabda.
Sabdanya itu seperti air ludah yang telah dimuntahkan keluar tidak bisa ditarik kembali. Kemudian Jogjapun bergejolak dari Kembalikan Paugeran menjadi penolakan Sabda Raja. 

Jika hal ini berlarut-larut apa yang akan terjadi. Perpecahanpun tidak dapat dihindari. Semoga saja tidak terjadi hal itu. 
Apabila saya menjadi Raja Jogja. 
Ini apabila atau seandainya...???
Berimajinasi sedikit...
Saya akan perintahkan
Prajurit-prajurit saya untuk
Menangkap dan memenjarakan mereka yang tidak tunduk pada
Sabdaku...



Ingatlah kisah Ayub

Saat teduh malam ini:
Jika diantara kamu terbaring dalam keadaan sedih dan sakit.
Berpegang teguhlah pada imanmu dan keyakinanmu.
Tanpa menghakimi sedih dan sakit
Itu karena apa...??? yang tengah terjadi dalam dirimu. Pastilah itu smua karena restu dan kehendak Alloh yang maha besar. 
Tanpa restunya semua itu tak akan
terjadi. Bersyukurlah dalam kesedihanmu...
Bersyukurlah dalam kesusahanmu..
Bersyukurlah dalam penderitaan.
Karena Alloh sedang mengujimu.
Seberapa besar kadar ke imananmu
Padanya.

("WA AYYUBA IZ NADA. RABBAHU ANNI MASSANIYAD DURRU WA ANTA ARHAMUR-RAHIMIN")
AL-ANBIYA 21: 83
(" Dan ingatlah kisah Ayub, ketika dia berdoa kepada Tuhanya. Ya Tuhanku, sungguh aku telah ditimpa penyakit. Padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari Semua Yang Penyayang")

Mulutmu Harimamu

Saat teduh malam ini.
Jika diantara kalian memperlakukan
manusia secara manusia.
Tanpa ada hinaan dan cerca'an pastilah engkau adalah manusia yang berjiwa besar.
"Mulutmu adalah harimaumu"
Tidak ada yang berilmu kecuali dia mau menerapkan keilmuanya dijalan Alloh yang benar. Yaitu jalan Yg diridhoi jalan yg penuh berkah.
Tanpa harus menjelekkan antara pihak yang satu dengan pihak yang lain. Karena dihadapan Alloh semua sama. Tidak ada yg tinggi tidak ada yg rendah. Tidak ada yang kaya tidak ada yg miskin. Satu lubang yang sama memasuki pintu-pintu.
Sebelum engkau menceritakan kejelekan orang lain. Koreksi dirimu dulu. Apakah yang engkau katakan itu sama ketika orang mengatakan tentang siapa kamu kepada orang lain.

(" KAZALIKA NASLUKUHU FI QULUBIL MUJRIMIN")
Al- Hijr 15: 12
(" Demikianlah, kami memasukanya ejekan (olok-olok) ke dalam hati orang yg berdosa")

Kun Fa Yakun

Bila Alloh berkehendak itu pasti ada kata KUN FA YAKUN.
Maka jadilah. Segala sesuatu yang terjadi pada dirimu entah itu baik
Entah itu buruk.
Pastilah ada campur tangan Alloh yang maha besar. Sangat piciknya kita menyalahkan sesuatu yang belum tentu kita tahu dasarnya. Buktinya ataupun tanpa analisa. Keterangan satu pihak belum bisa menguatkan pembenaran sekalipun.
Tanpa campur tangan pihak yang lain untuk mengambil sebuah keputusan.
Jangan paksakan keputusan atas kemauan dan egomu sendiri. Itu hanya akan tambah menyulitkanmu di kemudian hari. 
Jadi segala sesuatu yang baik atau buruk terjadi pada dirimu...
(APAKAH ALLOH MERESTUINYA...??)
Inilah ujian kesabaran 
Inilah ujian keikhlasan
Dimana Alloh akan menyucikanmu dengan Air dan Api.
Meskipun dirimu membentengi dengan
Kayu-kayu langka yang bertuah.
Kayu wewe, galih kelor, bidara dan lain sebagainya.
Meskipun dirimu telah menuju ke orang-orang linuweh berilmu mengerti keghoiban.
Meskipun dirimu pergi ke alim ulama. Habib, syech atau ustadz.
Jika Alloh berkehendak...
Maka KUN FA YAKUN. JADILAH...

(WA LILLAHI AHSANU DINAM MIMMAN ASLAMA WAJHAHU LILLAHI)
An-Nisa 4: 125
(Dan siapakah yg lebih baik Agamanya daripada orang yang dengan ikhlas berserah diri kepada Alloh)

Cerita Cinta

vol:1
Nginget masa lalu waktu masih culun kuliah di Trisakti bagian Design Grafis Di Kampus C rawamangun.
Buat Jesica gw tau lo ada dsana.
Dan gw ngerti lo gak akan paham mksud gw. 
Bukanya gw nolak lo krena lo cantik. Tapi krena gw sadar betapa miskinya gw dan kayanya lo. Makanya gw ninggalin lo tanpa sempat ngucapin kata2 perpisahan. Gw sadar gw hanya manusia bodoh. Dan gw gak pantas untuk lo. Skali lg maafin gw.


vol:2


Untuk seseorang di masa lalu...
Dear Ratna...
Cinta kadang membuatku lupa
cara memperjuangkan kesetiaan.
Sehari berlalu sampai sebulan
hingga setahun.
Kenangan diantara kita adalah
kenangan yang paling indah.
Meskipun kenyataan
Bahwa cinta tak harus memiliki.
Ampuni aku karena aku
Lebih memilih pergi daripada
memperjuangkanmu.

‪#‎Buaran‬ 2 (Pondok Kopi)

vol:3

Dear Fey...
Pagi itu nampak cerah
meskipun aku terlihat kusam.
Ketika telfon itu berbunyi
aku tau itu kamu yang menelfonku.
Beberapa kali telfon itu berbunyi
Tapi tidak ada keberanian untukku
masuk begitu jauh.
Sampai sms itu masuk
(Aku tunggu di Mall Ratu Indah
Jam 4 sore...)
Kutatap jam di depanku
Masih pukul 12 siang.
Kemudian masuk sms
Kedua..
( aku ingin mengajarimu Ice Skating
I loph u)
Ketika aku terlalu dalam mencintaimu disitu aku takut akan kehilanganmu.
Meskipun sampai detik ini aku masih ingat semua kata-katamu.
Maafkan aku Fey...
Ini tidak mudah buatku untuk
Melakukan kenyataan yang bukan
sebenarnya aku.


vol:4


Dear Nia...
Stasiun kota saksi bisu
Ketika aku meluncur ke bandung
untuk menemuimu.
Waktu bergerak begitu cepat
tanpa aku sendiri sadari.
Ini aku digedung Sate menunggumu.
Nia....
Bila ada cinta yang mampu
menerima kenyataan siapa kamu.
Pasti itu aku yang dulu.
Begitu rumit masalah yang aku
hadapi kala itu sampai
aku melupakanmu.
Maafkan aku...
Karena aku tanganmu terluka
oleh sayat-sayatan pisau.
Bukan itu cinta yang aku cari.
Mohon ampuni aku Nia...???

vol:5


Dear Lina...
Keputusan yang berat ketika
Aku harus memilih kamu dan 
orang tuaku.
Aku masih ingat kala itu di
Jatinegara. Dan ketika kamu memintaku ke Tegal.
Untuk lina...
Maafkan aku...
Banyak kisah diantara kita.
Tapi saya rasa cukup kita yang tau.
Bahagia untukmu dan keluargamu.

10 Filosofi Jawa

10 Filosofi Jawa, yang diajarkan oleh Soerya Mentaram :

1. Urip Iku Urup
(Hidup itu Nyala, Hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain disekitar kita, semakin besar manfaat yang bisa kita berikan tentu akan lebih baik)

2. Memayu Hayuning Bawono, Ambrasto dur Hangkoro
(Manusia hidup di dunia harus mengusahakan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan; serta memberantas sifat angkara murka, serakah dan tamak).

3. Suro Diro Joyo Jayaningrat, Lebur Dening Pangastuti
(segala sifat keras hati, picik, angkara murka, hanya bisa dikalahkan dgn sikap bijak, lembut hati dan sabar)

4. Ngluruk Tanpo Bolo, Menang Tanpo Ngasorake, Sekti Tanpo Aji-Aji, Sugih Tanpa Bondho
(Berjuang tanpa perlu membawa massa; Menang tanpa merendahkan atau mempermalukan; Berwibawa tanpa mengandalkan kekuatan; Kaya tanpa didasari kebendaan)

5. Datan Serik Lamun Ketaman, Datan Susah Lamun Kelangan
(Jangan gampang sakit hati manakala musibah menimpa diri; Jangan sedih manakala kehilangan sesuatu).

6. Ojo Gumunan, Ojo Getunan, ojo Kagetan, ojo Aleman
(Jangan mudah terheran-heran; Jangan mudah menyesal; Jangan mudah terkejut-kejut; Jangan mudah kolokan atau manja).

7. Ojo Ketungkul Marang Kalungguhan, Kadonyan lan Kemareman
(Janganlah terobsesi atau terkungkung oleh keinginan untuk memperoleh kedudukan, kebendaan dan kepuasan duniawi).

8. Ojo Kuminter Mundak Keblinger, ojo Cidra Mundak Cilaka
(Jangan merasa paling pandai agar tidak salah arah; Jangan suka berbuat curang agar tidak celaka).

9. Ojo Milik Barang Kang Melok, Aja Mangro Mundak Kendo
(Jangan tergiur oleh hal-hal yang tampak mewah, cantik, indah; Jangan berfikir mendua agar tidak kendor niat dan kendor semangat).

10. Ojo Adigang, Adigung, Adiguno
(Jangan sok kuasa, sok besar, sok sakti)